• Kontak Kami
  • Hotline : 021 82606778
  • SMS : 089614215481
  • BBM : D0BB28FD

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 08.00 s/d jam 16.00 , Sabtu, Minggu & Hari Besar Tutup
Pengiriman barang melalui ekspedisi kami kirim dihari yang sama untuk pembelian sebelum jam 2 siang di hari kerja, pembelian sesudahnya akan kami proses dihari kerja berikutnya. Barang yang kami iklankan dalam kondisi tersedia, pembelian dalam jumlah yang banyak mohon untuk menanyakan terlebih dahulu ketersediaannya Segera lakukan konfirmasi kondisi barang setelah anda menerima barang dari kurir pengiriman, informasikan kepada kami kondisi barang agar kami dapat melakukan tindakan yang tepat jika diperlukan COD bisa dilakukan untuk wilayah JABOTABEK, ongkos kirim akan dikenakan kepada pembeli sesuai dengan jarak dan dimensi barang. pembelian diatas 10 juta tidak dikenakan biaya pengiriman
Beranda » Artikel Terbaru » Panduan Membeli Mikroskop

Panduan Membeli Mikroskop

Diposting pada 13 October 2016 oleh admin

PANDUAN MEMBELI MIKROSKOP

Banyak orang awam dan pemula percaya dengan begitu polosnya, bahwa mereka memiliki pengetahuan yang baik mengenai mikroskop. Namun, seperti halnya alat-alat ilmiah lainnya, mikroskop memiliki beragam bentuk juga ukuran, dengan tingkat kerumitan serta akurasi yang berbeda. Dan, seperti kebanyakan peralatan yang telah lebih dulu ada selama berabad-abad dan mengalami kemajuan dalam teknologi, mikroskop pun demikian. Dalam panduan pembeli kali ini, kita akan membicarakan tentang banyaknya pembahasan tentang mikroskop terkini, dan mencari tahu siapa dan pekerjaan apa saja yang mengandalkan alat yang satu ini. Inilah beberapa kategori yang perlu diketahui sebelum memilih mikroskop yang sesuai dengan yang dibutuhkan.

Sejarah Singkat Tentang Mikroskop
Ada fakta mendasar yang secara umum lebih dipercayai oleh masyarakat sampai saat ini, hingga fakta yang sesungguhnya mengenai mikroskop tertutup oleh mitos dan legenda.

Pada akhir 1500-an, dua pembuat kacamata dari Belanda, seorang ayah dan putranya Zacharias dan Hans Janssen, mulai bereksperimen dan mengembangkan sebuah perangkat mikroskop yang masih sangat sederhana dengan tingkat akurasi pembesaran yang masih terbatas. Pada 1609, seorang ahli matematika dan ilmuwan terkenal dari Italia Galileo Galilei mempelajari hasil kerja Jansen dan memperbaiki sistemnya dengan menambahkan mekanisme fokus.

“Seperti halnya segala sesuatu yang terjadi hari ini, era digital pun memiliki peranan terhadap perkembangan mikroskop.”

Mikroskop sederhana menyebar dan belum mengalami perubahan sampai 50-60 tahun berikutnya, hingga pada 1670, seorang saudagar berkebangsaan Belanda yang tak seperti ilmuwan bernama Anton Van Leeuwenhoek memulai karyanya. Ia mempelajari sendiri cara mengasah dan memoles lensa agar dapat meningkatkan pembesaran hingga 270kali lipat. Pada 1674, Van Leeuwenhoek adalah orang pertama yang mulai mengamati dan mendeskripsikan tentang bakteri, ragi atau jamur, tumbuh-tumbuhan dan sebuah kehidupan dalam setetes air. Karena perannya meningkatkan desain dan fungsi mikroskop, Ia pun dijuluki sebagai Bapak mikroskop modern.

Pada pertengahan 1800-an: di Eropa, Carl Zeiss dan Perusahaannya “Carl Zeiss Jena” mulai memproduksi mikroskop yang lebih simpel, mengacu pada pembuatan mikroskop cahaya/compound yang terdahulu. Desain mikroskop ini seperti apa yang terlintas dalam benak kebanyakan orang ketika membayangkan sebuah mikroskop, terutama karena kebanyakan mikroskop yang dipakai di sekolah belum banyak mengalami perubahan. Dengan bergantinya milenium, kemajuan teknologi digital telah ter-integrasi kamera digital ke dalam mikroskop dan memperkenalkan software pencitraan. Bahkan baru-baru ini, sistem digital pun dapat tersambung secara nirkabel pada beberapa perangkat termasuk komputer, ponsel pintar, dan tablet.

Anatomi Mikroskop
Mulai dari bagian bawah, ada bagian dasar yang merupakan tumpuan, sumber cahaya (light source), dan diafragma, kemudian meja objek, lalu lensa objektif (yang terdiri dari beberapa lensa) yang terletak di bagian nosepiece. Di atas nosepiece ada head yang menahan tabung gambar (drawtube) dan lensa (eyepiece), yang berguna untuk mengamati objek Anda. Posisi yang mudah dijangkau saat pengamatan akan menjadi sistem fokus.

anatomy3

Sumber Cahaya
Sebenarnya ada sebuah cermin yang dapat diputar naik turun di atas meja objek. Pengguna harus mengatur sendiri cermin tersebut untuk memantulkan cahaya dari luar semisal cahaya lampu atau sejenisnya. Dahulu, lampu pijar yang diperkenalkan lebih dulu, dan sekarang lampu LED lah yang lebih sering digunakan, meskipun demikian kebanyakan model terdahulu masih menggunakan cermin. Pada papan cahaya ada rheostat yang berfungsi untuk mengatur pencahayaan. Jika objek pengamatan terhalang cahaya dari bawah, maka cahaya dari luar diperlukan untuk menerangi objek pengamatan dari bagian atas. Saat ini, beberapa mikroskop telah dilengkapi dengan cahaya sekunder atau LED yang mempermudah pengguna untuk mengatur pencahayaan pada objek pengamatan dari sudut yang tepat.

su

Meja Objek
Tempat yang dipergunakan untuk meletakan subjek pengamatan. Ukurannya bisa beragam tergantung model, dan umumnya, yang terbesarlah yang lebih bagus. Meja objek yang luas mempermudah penempatan objek yang lebih besar pula. Alas atau meja objek tersebut memiliki sebuah lubang pada bagian tengahnya tempat masuknya cahaya yang diproyeksikan dari bagian bawah objek pengamatan. Pada mikroskop yang canggih, meja objek dapat dibuat menjadi satu, dua atau bahkan tiga sumbu yang dapat diubah posisinya ke depan, belakang, kiri dan kanan bahkan ke atas atau pun bawah tergantung kebutuhan. Kemampuannya mengubah-ubah posisi meja objek memudahkan pengguna untuk mengamati objek pengamatan lebih tajam tanpa harus mengubah posisinya awalnya, dan dapat mengakomodasi objek pengamatan yang tinggi yang mungkin saja tidak muat pada meja objek karena ukurannya yang tak normal. Penjepit berguna untuk menahan objek pengamatan agar tetap pada tempatnya. Pada meja objek tertentu yang dipanaskan untuk menjaga objek biologis tetap hidup selama pengamatan dilakukan

meja-objek-mikroskop

Aperture Diafragma

Lubang di bagian tengah papan berfungsi sebagai penyetelan mekanis untuk mengatur pencahayaan di sekitar spesimen dan yang masuk secara objektif. Ini disebut aperture diafragma, atau singkatnya diafragma. Pada dasarnya diafragma hanya sebuah piringan yang memiliki ukuran lubang berbeda-beda, dan pada lubang papan yang berukuran sama digunakan untuk mengatur ketepatan (pinpoint). Pada mikroskop yang lebih mahal, mungkin saja terdapat diafragma iris. Yang berfungsi layaknya mata manusia atau lensa kamera, dengan variabel berkelanjutan yang memungkinkan pengguna dapat mengontrol besar kecilnya cahaya yang masuk pada diafragma.

aperture-diafragma


Lensa Objektif Dan Nosepiece

Lensa Objektif adalah langkah awal dari proses pembesaran. Pada umumnya, ada beberapa lensa objektif yang memiliki pembesaran berbeda, misalnya 10kali, 40kali, atau 100kali. Lensa-lensa tersebut berada di dekat nosepiece (yang juga dinamakan Turret atau sejenis kubah kecil). Rotasi pada nosepiece ini memungkinkan pengguna dapat dengan cepat mengubah satu pembesaran ke tingkat selanjutnya. Yang umumnya, langsung click-stop atau semacam mekanisme yang langsung mengunci objek pembesaran secara tepat di bawah lensa eyepiece.

lensa-objektif-dan-nosepiece

Head Dan Tabung Gambar (Drawtube)
Banyak sekali bentuk dari head (tumpuan lensa eyepiece). Mikroskop yang hanya memiliki satu lensa eyepiece, membuat pengguna hanya dapat memakai salah satu matanya. Sedang mikroskop yang memiliki dua head sudah pasti memiliki dua lensa eyepiece yang sama dan dapat digunakan dengan kedua mata sekaligus tanpa harus menutup salah satunya. Mikroskop yang memiliki dua head akan secara khusus memiliki fungsi yang dapat disesuaikan untuk pengguna yang memiliki perbedaan penglihatan pada kedua matanya tanpa harus menggunakan kacamata lagi dan masih dapat menangkap objek yang diamati dengan maksimal. Selanjutnya macam head yang jarang ditemui adalah “Trinokular”. Trinokular tersebut memiliki ruang untuk monocular (head tunggal)agar dapat saling berbagi pengamatan dengan yang lain, atau dengan aksesori tambahan, sebuah kamera yang dipergunakan untuk keperluan fotografi.
Lensa eyepiece ini menjadi satu bagian dengan head dan drawtube. Biasanya sudut head telah disesuaikan untuk kenyamanan pengguna dan umumnya pada sudut 45 atau 35 (derajat). Pada head binocular atau ganda, terdapat satu lensa eyepiece untuk setiap tabung gambar.

Lensa Eyepiece
Lensa eyepiece adalah alat yang digunakan untuk mengamati objek observasi. Berdasarkan bentuknya, Lensa eyepiece dapat dibagi menjadi permanen dan removable, dengan variabel pembesaran tetap atau pun zoom. Mikroskop cahaya/ compound hadir: pembesaran lensa eyepiece compound dengan digunakannya pembesaran lensa objektif memberikan pembesaran yang total saat melakukan pengamatan. Jadi, 10 kali pembesaran dengan lensa eyepiece berarti menghasilkan penglihatan 100kali,400kali, bahkan 1000kali pada setiap objeknya. Bila model mikroskop tadi memiliki lensa eyepiece yang removable, maka dengan mudah beralih dari pembesaran yang berbeda menyesuaikan dengan total pembesaran keseluruhannya.

Sistem Fokus
Tipe sistem pemusatan bergantung pada mikroskop tersebut secara individual. Pada banyak kasus, ini seperti halnya kenop bergerigi yang dapat diputar untuk mengatur pengamatan yang lebih fokus. Pada model tertentu terdapat pemutar di kedua sisinya yang dapat digunakan baik pengguna yang kidal ataupun tidak. Pada mikroskop yang lebih canggih telah dilengkapi dengan sistem ganda, coarse yang lebar untuk memfokuskan lensa secara kasar dan cepat, sedang knop yang lebih kecil untuk mengatur fokus pada objek pengamatan secara lebih jelas dan nyata.

sistem-fokus

Kerangka (Body)
Penting diingat: ini adalah instrumen optik presisi -benturan atau terjatuh dapat menyebabkan kerusakan serius.

Badan atau kerangka adalah yang menyatukan semua komponen yang berbeda menjadi satu kesatuan. Bagian dasarnya berguna memberikan tumpuan yang kuat, biasanya dengan menambahkan karet anti-selip di bagian bawahnya. Bagian belakang ada lengan yang berguna sebagai pegangan. Sepertiga bagian, papan pengamatan menjadi satu bagian dengan sistem pemusatan. Tepat di atas ada sistem optik, yang terdiri dari nosepiece dan head. Beberapa model yang canggih memiliki sistem putar yang memudahkan head dapat berputar ke kiri dan ke kanan agar lebih mudah berbagi pengamatan dengan teman.

Cara yang tepat untuk memindahkan mikroskop adalah dengan membawanya dengan tegak dan memegang lengan pegangan dengan satu tangan dan menyangga bagian dasarnya dengan tangan yang satunya lagi.
Medan Terang dan Medan Gelap

Ada dua dasar pencahayaan untuk mengamati objek: Medan Terang dan Medan Gelap. Medan Terang adalah yang paling umum dan sering digunakan. Di mana cahaya menyinari seluruh objek dari bawah melalui lubang aperture pada meja, hingga penglihatan dipantulkan secara langsung pada lensa eyepiece. Gambar tampak gelap dengan latar belakang terang (maka dinamakan Medan Terang). Meski lebih populer namun tetap memiliki kelebihan dan kekurangan semisal kontras yang rendah pada sebagian besar sampel biologis, resolusi yang rendah, dan yang terutama contoh benda harus sering diberi cairan(semacam minyak) sebelum dilakukan pembesaran. Jadi mengapa harus memakainya? Jawabannya sederhana, karena penggunaannya cukup mudah tanpa harus mengatur ulang dengan peralatan tambahan.
Perbedaan mikroskop Medan Gelap. Lebih sering dipergunakan untuk meneliti objek yang belum jelas semacam bakteri dan sejenisnya, karena objek tersebut tidak tampak bila dalam keadaan terang dan lebih jelas terlihat dalam keadaan gelap, hampir keseluruhan background-nya hitam. Masalah yang sering muncul ketika melakukan pengamatan adalah sulitnya membedakan dari latar belakangnya. Ini mengapa dalam mikroskop Medan Terang objek harus sering diberi minyak. Dengan metode Medan Gelap sumber cahaya mengambil keuntungan dari pembiasan cahaya yang masuk dari objek berbeda agar dapat memperlihatkan detail yang tidak terlihat secara normal. Agar mikroskop konvensional dapat dipergunakan masih perlu dimodifikasi, di sinilah letak kekurangannya. Gambar yang dihasilkan tampak cerah dengan background gelap dengan kontras yang tinggi serta detail yang memiliki resolusi tinggi

Jenis-Jenis Mikroskop
Mikroskop cahaya/ compound
Jika kamu pernah belajar biologi atau melihat tayangan di TV, Pastinya sudah sangat familier dengan dasar-dasar mikroskop cahaya/ compound. Yang dapat menerima pembesaran hingga 2000kali lipat, yang umumnya hanya diperbesar antara 400 hingga 500 kali saja. Dengan kemampuannya yang sangat mumpuni, sebagian besar penggunaannya ditujukan untuk penelitian ilmiah dan biologis saja. Maka segala bentuk sel dapat diperjelas hingga 40 kali dan detail yang kecil akan terlihat jauh lebih nyata. Perlu setidaknya pembesaran hingga 100 kali untuk mengamati bakteri.
“Mikroskop hadir dalam beragam bentuk juga ukuran, dengan berbagai tingkatan akurasi dan kerumitan berbeda”
“compound” mengarah pada sistem optik yang menghasilkan pembesaran. Pembesaran dimulai dari minimal 4 kali dan dapat terus meningkat hingga 100 kali. Dengan lensa eyepiece yang benar, dapat dengan mudah melakukan pembesaran hingga 2000 kali. Sumber cahaya masuk melalui celah ke dalam lensa eyepiece, meskipun menggunakan head binocular, pencitraan yang tampak menyebabkan adanya dua dimensi. Ketika mengamati dari lensa tersebut, pencitraan seperti tidak nyata, sehingga tampak terbalik. Maka dengan mengubah posisinya dapat menghasilkan pencitraan yang normal kembali. Umumnya, Ketika mengamati spesimen semacam sel, tak kan menemui kendala yang berarti hanya perlu terbiasa saja ketika menggunakannya.

Mikroskop Stereo
Mikroskop stereo merupakan mikroskop berkemampuan terbatas dengan dua lensa eyepiece terutama dipergunakan untuk tujuan pemeriksaan. Mikroskop ini hanya dapat memperbesar pengamatan benda antara 10 hingga 40 kali dan dapat ditingkatkan hingga 100 kali pembesaran, untuk meneliti detail benda padat seperti fosil, prangko, koin ataupun papan sirkuit. Mikroskop Stereo menggunakan cahaya dari bagian atas untuk menerangi benda yang diamati, sebaliknya Mikroskop compound menyinari benda dari bagian bawah. Mikroskop ini menggunakan dua jalur optik terpisah atau Stereo yang menghasilkan gambar tiga dimensi ketika diamati melalui head lensa binocular. Susunan seperti ini memberikan pengguna hasil gambar yang tajam dan resolusi yang lebih tinggi serta sudut pandang yang lebih dibanding mikroskop compound yang menghasilkan gambar dua dimensi dengan menggunakan sistem jalur cahaya tunggal.

mikroskop-cahaya

mikroskop-stereo

Anatomi Mikroskop Stereo tampak serupa dengan Mikroskop Compound hanya pada beberapa bagiannya saja yang berbeda.
1. Mikroskop stereo memiliki sepasang lensa objektif yang memiliki fungsi sama. Yang digunakan untuk mendapatkan penglihatan yang berbeda pada kedua buluh lensanya.
2. Karena karakteristik penggunaan mikroskop ini, membuat gambar dapat dikoreksi, dengan mengatur letaknya baik ke kanan, ke kiri maupun ke belakang.
3. Sebagian besar telah dilengkapi dengan cahaya tambahan pada bagian atas, saat objek pengamatannya merupakan benda padat, meski demikian beberapa model memiliki penyinaran dengan daya rendah. Sedang model terdahulu kemungkinan tak dilengkapi sumber cahaya sehingga pengguna harus menambahkan cahaya untuk menambah penerangannya.

4. Sering kali kebanyakan nosepiece (tumpuan hidung) memiliki sistem optik yang dapat diatur naik turun untuk meletakan spesimen pengamatan pada posisi dan jarak yang tepat. Kebanyakan model memiliki meja pengamatan yang terpasang menjadi satu agar lebih stabil. Bagian yang terpasang pada sistem optik dinamakan Pillar dan berfungsi sebagai pengunci mekanik yang menahan sistem optik tetap pada tempatnya.

Mikroskop Digital
Seperti halnya yang terjadi hari ini, era digital pun berpengaruh terhadap perkembangan mikroskop. Lebih jauh lagi perbedaan mikroskop digital menawarkan berbagai kelebihan mulai dari peningkatan pada segi kemampuannya untuk meneliti dan berbagi gambar mikroskopis. Seperti yang telah diketahui, sekali saja sebuah gambar ter-digitalisasi maka kemungkinannya untuk tersebar pada grup pertemanan, kelas atau ruang perkuliahan, atau melalui internet menjadi tak terkendali. Beberapa tahun lalu, banyak sekolah dan institusi membutuhkan banyak mikroskop, sebab sebagian siswanya belajar dalam satu kelompok dan menggunakan mikroskop secara bergantian. Sekarang, sekolah-sekolah atau institusi tak perlu lagi repot-repot karena ada yang lebih praktis cara penggunaannya hanya dengan bantuan layar proyeksi, komputer dan ponsel pintar serta tablet. Para dokter yang dikerahkan pada area bencana dapat melaporkan keadaannya melalui streaming atau email (surat elektronik) pada para kolega dan pihak yang berwajib agar segera mengambil tindakan. Sambungan terkini yang digunakan setiap harinya telah mengalami peningkatan mikroskopis dan semakin mempermudah kita saling melihat dan berbagi.

mikroskop-digital

Hibrid / Add On Imagers
Seperti yang telah didiskusikan, lensa dapat diubah dan dipindahkan posisinya. Banyak produsen menawarkan lensa kamera digital yang umumnya sesuai atau cocok pada mikroskop. Kecocokan ini memungkinkan analog mikroskop compound di konversikan menjadi sebuah gambar digital sederhana dengan menambahkan pencitraan CCD pada tempat lensa. Pencitraan ini memiliki lensa yang pembesarannya rendah hanya 10 kali pembesaran saja untuk mendapatkan pembesaran secara optik sebelum gambar ditangkap oleh kamera. Resolusi yang ditangkap kamera bisa setara 1080p dengan kualitas terbaik. Kamera ini pun memiliki fungsi digital zoom hingga dari 100 kali pembesaran, peningkatan pembesaran maksimum yang mungkin dapat diterima oleh lensa optik. Fungsi digital zoom amat bergantung pada resolusi kamera yang digunakan.

mikroskop-hibrid

Kamera umumnya tersambung dengan komputer melalui kabel data USB untuk menampilkan gambar dan memberi daya pada kamera. Software pencitraan yang terpasang pada komputer memungkinkan pengguna dapat menyesuaikan opsi pengaturan kamera, performa, video ataupun memanipulasi susunan gambar, filter serta pewarnaan.
Beberapa lensa digital telah dilengkapi dengan fitur layar LCD dengan berbagai ukuran. Biasanya, ukuran layar tergantung resolusi yang dimiliki kamera tersebut. Keberadaan layar mempermudah untuk berbagi tampilan ke dalam grup kecil. Alat tersebut memiliki tempat untuk menyambungkan USB ke komputer, atau sambungan Wi-Fi.
Sejak teknologi ini dikembangkan, semakin banyak kartu memori yang digunakan menyimpan gambar pada komputer sekedar untuk dilihat dan berbagi.

memori-card

Bertahun-tahun lalu teknologi nirkabel telah menggantikan penggunaan kabel USB dan memberikan kemudahan dalam berbagi file. Lensa kamera pun saat ini dapat berbagi jaringan Wi-Fi lokal yang dapat tersambung dengan komputer, ponsel pintar dan juga tablet. Di mana, pada lima tahun lalu para pelajar harus memutarnya ke seluruh bagian lensa, profesor pun sekarang dapat menggunakannya untuk meneliti spesimen dan dapat di perlihatkan secara langsung dan diabadikan menjadi gambar oleh seluruh pelajar menggunakan perangkat komputer atau ponsel.
Digital

Mikroskop yang sepenuhnya menggunakan fungsi digital menggabungkan susunan lensa seperti mikroskop pada umumnya, dengan fungsi sensor sebagai lensa, atau hanya mengandalkan resolusi yang tinggi pada kamera untuk memperjelas gambar. Beberapa, hadir dalam bentuk desktop seperti mikroskop pada umumnya atau lebih kecil yang dapat digenggam. Sejak spesimen masih perlu penyinaran dan di tempatkan pada tempat yang tepat maka model lama masih umum disarankan untuk memperoleh gambar berkualitas. Sebuah mikroskop digital dapat dihubungkan pada komputer yang digunakan dalam mode stand-alone, dengan layar LCD atau nirkabel menggunakan jaringan Wi-Fi.

Mikroskop dengan Sambungan Wi-Fi
Seperti yang telah dijelaskan, generasi terbaru instrumen mikroskop akan ter-integrasi dengan mikroskop digital dengan sambungan Wi-Fi yang mentransfer pencitraan spesimen melalui jaringan Wi-Fi. Mikroskop tersebut mengirimkan sinyal Wi-Fi lokal agar terhubung dengan perangkat komputer, ponsel pintar dan tablet tanpa menggunakan router lagi. Perangkat yang mendukungnya masih terbatas, namun teknologi ini masih akan terus berkembang, jumlah pengguna yang memiliki koneksi simultan pun juga terus meningkat. Menggunakan salah satu atau ketiga aplikasi dapat mempermudah melihat subjek dari layar yang lebih lebar seperti pada layar tablet. Generasi terbaru mikroskop ini adalah yang paling sempurna untuk pemeriksaan, pengamatan forensik dan kelas eksplorasi

mikroskop-wifi

Mikroskop USB
Bagian terpenting dalam mikroskop digital, adalah portal USB yang menambah kepopuleran mikroskop ini. Umumnya karena harga yang ekonomis dan pembesaran yang rendah. Seperti namanya, mikroskop tersebut terhubung dan diberi daya oleh komputer melalui kabel USB. Sebagian besar mikroskop USB berbentuk handled (genggam) yang memudahkan untuk digunakan. Teknologi ini tampak seperti yang digunakan dalam webcam standar, akan tetapi mikroskop digital ini menggabungkan konfigurasi lensa dengan sensor pencitraan untuk memperbesar objek. Kebanyakan model gabungan ini memiliki cahaya LED sendiri yang tingkat pencahayaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Resolusi gambar yang dihasilkan tergantung piksel dan ukuran yang diatur pada sensor pencitraan. Jarak pembesaran tergantung pada konfigurasi lensa yang diatur, dengan kemampuan pembesaran hingga 500 kali.

“Saat ini model hibrid dan digital telah mempermudah dokumentasi dan berbagi apa yang di temukan”
Sementara mikroskop ini disebut-sebut sebagai alternatif ekonomis dibandingkan mikroskop konvensional, karena memberikan fitur tambahan baru. Karena lebih ringan dan mudah dibawa ke mana-mana, dan akan lebih efektif apalagi dihubungkan pada laptop. Dan akan sangat mudah digunakan untuk meneliti area yang lebih spesifik pada subjek yang luas, seperti karya seni atau patung yang tidak dapat dipindahkan tanpa izin atau spesimen yang diambil dari bagian patung tersebut. Mikroskop USB ini akan sangat membantu penelitian naskah kuno, kain yang rapuh untuk bahan dokumentasi dan mengidentifikasi pemalsuan uang, koin dan materai, riset tentang permata dan bebatuan atau pemeriksaan Industrial. Sejak tak berpengaruh terhadap spesimen , mikroskop tersebut dapat digunakan pada hewan atau keperluan dokumentasi forensik tanpa merusak TKP(tempat kejadian perkara). Ukuran yang lebih kecil pun dapat digunakan untuk tindakan medis pada pasien endoskopi.

Adaptor Pencitraan
Kamera dengan Lensa Interchangeable

Seperti yang telah dijabarkan tentang mikroskop trinokular, ada beberapa adaptor kamera yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan mikroskop, namun head trinokular tak selalu diperlukan. Metode yang populer digunakan adalah adaptor yang dapat menggantikan fungsi lensa dan umumnya memiliki pembesaran lensa yang rendah. Cincin T di desain secara khusus pada lensa kamera agar dapat meningkatkan kemampuan antarmuka (interface) antara kamera dan mikroskop, yang akan membuat sensor kamera pencitraan fokus pada bidang objek. Saat ini, kamera pribadi pun dapat dipakai menggunakan metode pasca produksi untuk menangkap gambar pada mikroskop lalu mengubah dan meningkatkannya agar dapat berbagi, mencetak, dan menerbitkannya. Kelebihan menggunakan kamera khusus daripada kamera langsung dan lensa pencitraan hibrid adalah sensor pencitraan sekang ini senantiasa selalu di-upgrade ke resolusi yang lebih tinggi untuk menghasilkan gambar berkualitas dan dengan semua kemampuan tadi kamera pun dapat menyaingi gambar yang dihasilkan oleh pencitraan yang memang dirancang secara khusus untuk mikroskop.
Adaptor serupa juga tengah ditawarkan untuk ponsel pintar. Alih-alih memasang semacam DSLR atau lensa tambahan, adaptor pada ponsel pintar dipasangkan pada tempat lensa.

Perangkat Mobile
Ponsel pintar secara populer hadir dengan kemampuan kamera onboard-nya yang kian berkembang pesat, perlu digarisbawahi peningkatan adaptor optik pun telah disesuaikan secara spesifik dengan modelnya. Sekarang, sebagai gantinya mikroskop USB, pengguna dapat memasang adaptor mikroskop pada ponsel pintarnya, unduh salah satu dari sekian aplikasi gratis atau pun berbayar untuk mendapatkan performa terbaik untuk berkirim gambar lewat email instan di mana saja. Kualitas adaptor ini masuk dalam jajaran teratas, mulai lensa plastik dan pembesaran rendah hingga tingkat teratas serta kaca persisi datar. Kemampuan aplikasi pun tergantung pengembang yang membuatnya, dan sering kali versi “ringkasnya” memiliki kemampuan yang terbatas dibanding aplikasi “berbayar”.

smartphone

Software Mikroskop
Salah satu fitur utama pada generasi terbaru mikroskop digital adalah berbagai cara dan tingkatan mereka berinteraksi dengan komputer. Banyak produsen mikroskop, dan juga para programmer menawarkan software pencitraan yang dirancang khusus untuk mikroskop. Bagian utama yang menampilkan gambar, menawarkan pembesaran digital juga cara penyimpanan gambar maupun klip video. Karena software ini menjadi semakin rumit dan juga dapat menawarkan gabungan dari beberapa alat yang luar biasa, pendukung pencitraan, dan berbagi pilihan seperti:
• Pengukuran: Menggunakan sistem grid yang ditampilkan di layar, pengukuran yang mudah dapat dihitung dan didokumentasikan.
• Kinerja kamera: Pengguna dapat mengubah resolusi, frame-rate, kecerahan, kontras, warna, hanya untuk beberapa saat.
• Perbandingan gambar: tampilan beberapa gambar yang disimpan bersamaan untuk tujuan perbandingan.
• Filter / lapisan: Gunakan filter digital untuk mengubah satu atau beberapa contoh gambar sekaligus ataupun gambar yang telah ter-filter menjadi suatu gambar lebih bagus dan menarik.
• Diubah ke berbagai format untuk berbagi atau pun publikasi.
• Penggabungan gambar: Menggabungkan gambar menjadi seperti mozaik dari yang terkecil hingga menjadi susunan gambar yang “utuh”.
• Peningkatan fokus dan warna.
Ada juga pilihan software khusus industrial, meliputi:
• Laboratorium penelitian dasar dan tingkat lanjutan
• Biologis dan medis
• Pengolahan mineral
• Analisis dokumen dan tekstil.

Mikroskop Spesifik
Melampaui dasar-dasar mikroskop yang membahas kelemahan bawaan pada model konvensional. Mikroskop khusus ini berbeda cara pembesaran yang dicapai dan bagaimana cara spesimen disinari, terkadang keduanya. Berikut daftar singkat beberapa versi khusus yang telah lebih dulu populer.

Perbandingan
Bila Anda pernah melihat CSI, NCIS, atau Bones, pastinya sudah familier dengan gaya ini. Terdiri dari dua mikroskop yang saling terhubung dan digunakan untuk ilmu perbandingan atau pada forensik. Hal ini memungkinkan untuk membandingkan sisi demi sisi dari dua slide atau benda materi contohnya, di TV sering kali digunakan untuk membandingkan dua contoh DNA atau serpihan logam (semacam peluru). Seperti banyak jenis mikroskop lain dan konfigurasinya, model perbandingan digital pun menjadi semakin tersedia.

mikroskop-perbandingan

Metallurgical
Perbedaan utama mikroskop konvensional dan mikroskop metalurgi adalah pada metode penyinaran. Semenjak spesimen menjadi lebih buram, maka perlu adanya penyinaran dari atas. Biasanya, sumber cahaya berada di tabung optik dan diproyeksikan pada seluruh bagian obyek spesimen. Sumber cahaya bisa jadi sebuah cermin yang merefleksikan sumber cahaya luar, tapi sebagai teknologi telah berkembang, LED dan kabel serat optik lebih sering dipergunakan. Mikroskop ini biasanya digunakan untuk pemeriksaan atau pada laboratorium penelitian untuk menguji pembesaran atau pengukuran pada logam yang telah dipoles, plastik mengkilap, atau bahan berkilau lainnya.

Floresensi
Ia memiliki sistem pencahayaan khusus yang memproyeksikan gelombang cahaya tertentu atau kombinasi dari panjang gelombang tertentu (yang berarti warna yang berbeda sebagai lawan cahaya putih) pada sebuah spesimen menggunakan lampu xenon, lampu uap merkuri dan, baru-baru ini, menggunakan LED juga laser. Penyerapan cahaya dan warna yang berbeda dipantulkan kembali. Untuk jenis mikroskop yang akan digunakan, spesimen harus berpendar, baik dengan menggunakan noda pijar atau contoh yang otomatis pijar. Penggunaan mikroskop jenis ini mencakup tes DNA, atau fitur gambar spesifik pada spesimen kecil, seperti mikroba. Hal ini juga digunakan untuk meningkatkan fitur visualisasi 3D pada skala kecil.

Fase Kontras
Ini biasanya digunakan untuk melihat sel-sel hidup secara lebih rinci. Biasanya, ada sedikit perbedaan ketika kita mengamatinya menggunakan mikroskop medan terang, karena bagian yang berbeda dari sel baik bening atau berwarna tampak sama. Penggunaan model fase kontras memiliki sifat pembiasan yang berbeda pada setiap komponen sel untuk memperlihatkan detail yang luar biasa yang tak terungkap bila menggunakan metode konvensional. Ini bekerja dengan prinsip yang sama seperti pada metode medan gelap, bukan memodifikasi mikroskop konvensional untuk mendapatkan sebuah hasil, inilah tujuannya, sering kali dengan kemampuannya memproyeksikan panjang gelombang yang berbeda menggunakan filter atau emiter untuk menerangi berbagai zat organik.

serangga

Mikroskop Pindai Elektron
Ini adalah mikroskop dengan spesialisasi tinggi dibanding lainnya. Bukannya cahaya, namun menggunakan sinar elektron untuk menyinari pembesaran gambar. Menggunakan sistem pembesaran alternatif ini memungkinkan mikroskop untuk mencapai resolusi sampai sekecil 5 nanometer, pembesaran dari terendah 15x sampai lebih dari 200,000x, dengan medan kedalaman hampir tak terbatas. Menggunakan SEM, gambar ditampilkan dalam kontras tinggi dan 3D yang sangat rinci, namun dalam warna hitam putih. Karena cara yang unik dalam pembesaran gambar, spesimen harus sangat hati-hati saat dipersiapkan agar dapat berdiri pada ruang vakum di dalam mikroskop agar mampu menghantarkan listrik. Sering kali, spesimen biologi perlu dilapisi dengan lapisan tipis dari logam, misalnya emas. Seharusnya tidak mengejutkan bahwa keseluruhan tampilan dan fungsionalitas dari sebuah SEM sangat jauh berbeda dari semua mikroskop yang telah dibahas sebelumnya, dan harga akan sangat dipertimbangkan secara astronomi bahkan jika dibandingkan mikroskop compound yang canggih atau pun model digital.

Handheld (Genggam)
Di luar adaptor ponsel cerdas dan mikroskop USB, saat ini telah dipenuhi dengan mikroskop genggam. Kemampuan dan kegunaannya setara dengan kualitas dan harganya. Jenis terdahulu adalah mikroskop plastik murah yang memiliki pembesaran terbatas dan biasanya akan memiliki jarak fokus tetap, dengan pencahayaan terbatas atau tak-dapat disetel. Mereka hadir dengan dudukan tetap atau cawan yang melekat pada bagian bawah yang menempatkan subjek pada jarak yang tepat untuk fokus. Ini dianggap mikroskop entry-level untuk mahasiswa muda dan yang paling cocok untuk melihat air kolam, serangga, daun, atau spesimen lainnya.

mikroskop-handheld-genggam

Pada spektrum ekstrem lainnya adalah instrumen presisi berkualitas tinggi. Ini adalah tingkat mikroskop pada tingkat medis dengan pembesaran hingga 1000kali, dengan pencahayaan LED , lensa yang disesuaikan, fokus ultra tajam, meja benda sambungan, dan sering kali dapat disesuaikan dengan ponsel cerdas untuk berbagi gambar secara cepat. Model yang canggih ini sering digunakan oleh dokter dan peneliti di negara-negara berkembang atau negara yang terkena bencana alam, di mana titik kelistrikan dan juga fasilitas sangat terbatas. Biasanya menggunakan baterai untuk menjalankannya, dan dapat dipasang pada tripod untuk meningkatkan keseimbangannya.
Penggunaan dan Pengguna: Siapa yang membutuhkan Mikroskop
pengguna-mikroskop

Para Pelajar
Mikroskop Compound adalah mikroskop standar untuk siswa dan guru di bidang Biologi, Kimia, dan ilmu tumbuhan ( hanya beberapa). Fleksibilitas dan potensi pembesaran yang tinggi memungkinkan pengguna mampu untuk melihat objek lebih detail sampai setingkat sel. Sekarang ini LED menjadi standar penerangan karena output penerangannya lebih unggul, intensitas variabelnya yang mumpuni serta hemat energi. Saat ini banyak model bertenaga baterai untuk digunakan di mana saja, menggunakan baterai AA yang mudah diperoleh di pasaran. Untuk pelajar tingkat lanjutan, membutuhkan model tingkat menengah dengan pembesaran atau lensa yang dapat diubah agar dapat meningkatkan fleksibilitas.
Dewasa ini model hibrid dan digital mempermudah untuk mendokumentasikan dan berbagi penemuan Anda, dan dengan beragam pilihan lensa yang dapat diubah, penambahan kamera lensa bisa jadi pilihan yang baik, ke depannya.

pelajar

Pengajar
Dalam era pendidikan saat ini, model hibrid dan digital menjadi begitu efisien. Membeli mikroskop yang seutuhnya baru, anggarannya sangat tidak memungkinkan namun bila mikroskop compound yang lama masih dapat digunakan dengan baik, penambahan salah satu lensa kamera dengan layar, Penambatan USB, atau Wi-Fi adalah solusi terbaik. Sejak tempat kerja umumnya memiliki outlet yang dekat, banyak model dapat di jalankan menggunakan arus listrik AC, pemakaian jangka panjang menjadi lebih mudah dan ringkas untuk beragam pilihan di sepanjang hari. Seperti yang telah disinggung, kemampuan untuk streaming gambar atau menampilkannya pada layar lebar secara nirkabel pada perangkat mobile dan proyektor menempatkan berbagai macam adaptor dan mikroskop digital pada daftar teratas.

Kesehatan/Farmasi
Untuk mendiagnosis, pengobatan, pencegahan, atau pengembangan obat-obatan dan cara pengobatan, mikroskop compound masih merupakan instrumen pilihan. Mempertimbangkan turret dengan lebih cermat. Banyak turret canggih yang dapat dimiliki sebanyak lima bagian. Lensa Changeable akan meningkatkan kegunaan dan fleksibilitasnya, serta menambahkan lensa kamera digital memiliki keuntungan yang nyata untuk kepentingan publikasi dan presentasi. Sejak mikroskop kerap digunakan sehari-hari, tinggalkan model yang bertenaga baterai ataupun yang dengan colokan listrik. Pastikan bahwa meja objek mekanis memudahkan untuk pengamatan, berdasarkan berat dan lebar untuk stabilitas maksimal.

kesehatan-atau-farmasi

Kriminologi/Forensik
Inilah yang paling berbeda dan karenanya menjadi kategori tersulit untuk memberikan rekomendasi. Umumnya Anda akan membutuhkan keduanya, mikroskop compound maupun stereo: compound untuk meneliti detail kecil setingkat sel seperti sampel darah, dan stereo untuk rambut atau serat. Mempertimbangkan model yang memiliki kemampuan untuk dipakai pada listrik AC dan baterai. Mungkin saja Anda atau bahkan Anda memerlukan salah satu model khusus ini, seperti komparasi atau fluoresens. Versi digital, baik lensa kamera / imager atau mikroskop stand alone digital amat sangat membantu untuk menangkap gambar yang dapat dibagikan dan dimasukkan sebagai alat bukti dipakai di pengadilan.

Industri
Ini mencakup semua kategori meliputi semua hal mulai dari pembuat perhiasan dan pembuat jam sampai pengukir, elektronik, maupun pemeriksaan. Sebagai aturan umum, mikroskop stereolah yang terbaik, atau bahkan dengan mikroskop metalurgi. Berdaya rendah relatif akan memperbesar benda ke tingkat manageable tanpa menggunakan daya berlebih. Berhati-hatilah dengan apa yang di atas meja benda dan pastikan akan ada cukup jarak dengan objek. Juga, pastikan sumber cahayanya cukup kuat, dan perhatikan intensitas variabel yang dapat meningkatkan fleksibilitas. USB atau handheld menjadi lebih mudah digunakan dan lebih praktis, tergantung pada material atau bahan apa yang dipakai pada lensa.

hobi-industri-forensik-kriminolog

Para Kolektor

Hal ini tergantung hobi. Jika pengamatan sel diperlukan, pertimbangkan mikroskop cahaya compound bertenaga tinggi atau mikroskop desktop LCD Digital setidaknya dengan 400 kali pembesaran. Untuk para kolektor koin dan prangko, penggemar permata dan perhiasan, dan bahkan naturalis, Mikroskop Stereo berdaya rendah (berkisar 2 sampai 100kali) atau mikroskop digital berdaya rendah yang akan mengerjakannya. Yang harus diingat adalah ruangan yang perlu diberi perhatian secara khusus. Jarak kerja adalah ruang antara papan dan benda yang akan diamati. Jika harus meneliti benda yang besar, pertimbangkan mikroskop digital genggam portabel yang memiliki salah satu sambungan nirkabel atau USB agar dapat terhubung ke laptop. Kemudahan ini, portabilitas dan fleksibilitas dari jenis ini akan memberikan pengguna kinerja yang sangat kompeten tanpa melanggar batas. Sangat penting untuk berhati-hati dengan apa yang diletakkan di atas meja objek, dan pastikan ada cukup jarak. Jika menggunakannya untuk meneliti permata, pertimbangkan model dual-pencahayaan dengan sumber cahaya internal; untuk kolektor koin, sumber cahaya berdaya rendah akan sia-sia. Seperti aplikasi pada industri, USB atau model genggam yang mungkin saja untuk digunakan atau bahkan adaptor mikroskop sederhana pada ponsel cerdas .

Kesimpulannya
Meskipun dewasa ini kamera di setiap ponsel cerdas, mikroskop dan mikroskopis masih relevan seperti ketika Anton Van Leeuwenhoek pertama kali mendeskripsikan bakteri, atau ketika Carl Zeiss membuat mikroskop compound pertamanya. Kemajuan dalam hal medis tidak mungkin terjadi tanpa bantuan mikroskop compound. Elektronika yang membuat kita bergantung tidak akan ada ukuran atau pun kemampuan yang mereka miliki tanpa mikroskop stereo. Ilmuwan forensik membantu dalam penangkapan penjahat, berkat tidak ada bagian yang tampak terlalu kecil untuk mikroskop. Dan dengan kemajuan teknologi digital dan nirkabel, keutamaan mikroskop terus meningkat.

Bagikan informasi tentang Panduan Membeli Mikroskop kepada teman atau kerabat Anda.

Panduan Membeli Mikroskop | CV JAVAINDOTECH

Belum ada komentar untuk Panduan Membeli Mikroskop

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.